Format Penulisan

Umum

Juristek adalah jurnal yang menerbitkan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian literatur terkini meliputi bidang Ilmu Ekonomi, Hukum, Pertanian dan Teknik yang dikelola langsung oleh Universitas Antakusuma Pangkalan Bun. Naskah yang dikirim diharapkan melaporkan hasil kerja yang berum pernah dipublikasikan sebelumnya dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk publikasi di penerbitan lain. Naskah harap ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris yang baik dan benar. Penulisan dalam bahasa Inggris umumnya dalam bentuk past tense. Naskah termasuk tabel dan gambar, catatan kaki tabel, legenda gambar, dan Daftar Pustaka diketik dengan: 1) program Microsoft Word, tipe huruf Times New Roman, ukuran 10; 2) pias 2 cm; 3) jarak antar baris 1,5 spasi; 4) panjang  naskah maksimum 10 halaman termasuk tabel dan gambar; dan 5) ukuran kertas A4. Setiap halaman dibubuhi nomor secara berurutan di pojok kanan bawah, dan tidak ada catatan kaki di dalam teks.

Penulis diharuskan menyerahkan tiga eksemplar naskah disertai file elektronik dalam compact disc (CD), dan dengan surat pernyataan bahwa naskah tersebut belum pernah dipublikasikan di jurnal, prosiding, majalah maupun bentuk publikasi lainnya dan dengan surat pengantar dari penulis utama kepada: Redaksi Juristek, Universitas Antakusuma Pangkalan Bun  Jl. Iskandar 63 Pangkalan Bun 74112, Telp/Fax (0532 – 22287); Email : juristekuntama@gmail.com. Setelah melalui proses review oleh dua penelaah, penulis diharuskan menyerahkan kembali satu eksemplar naskah yang telah direvisi berdasarkan komentar penelaah disertai CD.

Format Naskah

Naskah dibagi dalam seksi-seksi: a) judul; b) nama-nama penulis; c) afiliasi penulis; d) abstrak; e) pendahuluan; f) landasan teori; g) metode; h) hasil dan pembahasan; i) simpulan dan saran; j) ucapan terima kasih (apabila perlu); dan k) daftar pustaka. Untuk naskah dalam bahasa Indonesia, judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan abstrak ditulis dalam bahasa Inggris. Abstrak disertai dengan keyword/kata kunci. Gambar dan tabel hanya digunakan untuk menerangkan hal-hal yang tidak mudah diterangkan dalam teks.

Penulisan Pustaka

Di dalam teks, pustaka ditulis sebagai berikut: satu penulis: Soesanto (2006) atau (Soesanto, 2006), dua penulis: Inderjit & Mukerji (2006) atau (Inderjit & Mukerji, 2006), tiga penulis atau lebih: Siwa et al. (2007) atau (Siwa et al., 2007). Kata/istilah et al., hanya digunakan untuk referensi berbahasa asing. Untuk referensi berbahasa Indonesia digunakan istilah dkk., misalnya Syakir dkk., (2009). Pustaka yang ditulis oleh penulis yang sama pada tahun yang sama dibedakan dengan huruf kecil a, b, dst., baik dalam teks maupun dalam Daftar Pustaka (misalnya 2007a atau 2007a, b).

Penulisan pustaka dalam Daftar Pustaka mengikuti aturan sebagai berikut:

Pustaka dari jurnal:

Kaschi, A., V. Roemheld, & Y. Chen. 2002. Cadmium Binding by Fractions of Dissolved Organic Mater and Humic

Substances from Municipal Waste Compost. J. Environ. Qual. 31: 1885–1892.

Sumber Prosiding:

Hindersah, R. & A.M. Kalay. 2003. The Use of Domestic Sludge as Organic Matter for Pakchoy (Brasicca compestris var.  chinensis)  Production.  Proceeding  International  Seminar  on  the  organic  farming  and  sustainable agriculture ini tropics and substripics: Science, technology, management and social welfare. Vol 1: 202-207.

Pustaka dari buku:

Agrios, G.N. 2005. Plant Pathology, Fifth Edition. San Diego: Elsevier Academic Press.

Pustaka dari bab suatu buku:

Cooke, B.M. 2006. Disease  Assessment and  Yield  Loss. In:  Cooke,  B.B., D.G.  Jones  &  B.  Kaye.  (Eds.), The

Epidemiology of Plant Diseases, Second Edition, pp 43-80. Dordrecht: Springer.

Skripsi/Tesis/Disertasi:

Wattimena, J. 2004.  Pengaruh Suplementasi Jenis and Konsentrasi Serum Terhadap Produksi Embrio Secara In-Vitro. [Disertasi]. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Sumber internet:

Christopher, T.B.S. 1996. Aggregate Stability: Its Relation to Organic Matter Constituents and Other Soil Properties. http://www.agri.upm.edu.my. [07/03/2007].

Satuan, singkatan, nomenklatur, dan lambang:

  • Satuan dan singkatan menggunakan sistem SI (System Internationale).
  • Nomenklatur nama ilmiah hewan dan tumbuhan ditulis lengkap dengan nama penulisnya.
  • Penulisan lambang seperti alpha ditulis dengan α, dan derajat celcius ditulis oC.
  • Penggunaan ton per hektar ditulis ton.ha-1, konsentrasi (v/v, b/v) 50 mL per liter ditulis 50 mL.L-1.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s